Thursday, 8 March 2012

contoh pidato bahasa indonesia


Assalamualaikum Wr. Wb.

            Yang terhormat Bapak kepala desa Suka Maju, Yang saya hormati Bapak RW 11, Serta para hadirin yang berbahagia.

            Pertama-tama marilah kita bersama-sama panjatkan puja dan puji syukur atas Kehadirat Allah SWT yang telah senantiasa melimpahkan nikmat dan rahmat-Nya, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal ‘afiat tanpa kurang suatu apapun. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat saya tentang “kerusakan alam akibat penambangan”
Negara Indonesia kita yang tercinta ini termasuk Negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sehingga banyak para penambang yang tergiur memanfaatkannya untuk bisnis mereka. Beberapa contoh tambang yang ada di Indonesia yakni tambang emas, tambang batu bara, tambang intan, tambang minyak, dan lain-lain.

Para penambang mengeksploitasi sumber daya alam tersebut secara besar-besaran tanpa mempedulikan akibatnya. Kerusakan lahan akibat pertambangan dapat terjadi selama kegiatan pertambangan maupun pasca pertambangan. Dampak yang ditimbulkan akan berbeda pada setiap jenis pertambangan, tergantung pada metode dan tehnonogi yang digunakan. Kebanyakan kerusakan lahan yang terjadi disebabkan oleh perusahaan tambang yang menyimpang dari ketentuan yang berlaku dan adanya pertambangan tanpa izin yang melakukan proses penambangan liar dan tidak ramah lingkungan.

Semakin besar skala kegiatan pertambangan, makin besar pula area dampak yang ditimbulkan. Perubahan lingkungan akibat kegiatan pertambangan dapat bersifat permanen atau tidak dapat dikembalikan kepada keadaannya semula.

Secara umum kerusakan lahan yang terjadi akibat aktifitas pertambanganantara lain, hilangnya ekosistem alami (seperti hutan, hewan-hewan serta micro organisme yang di dalamnya), perubahan bentuk permukaan tanah, kerusakan material tanah hingga tanah mengering dan gersang akibatnya tidak akan bisa di tumbuhi tumbuhan baru, kualitas air di dalam tanah berkurang akibat penambangan yang menggunakan metode penggalian, dan masih banyak lagi kerusakan-kerusakan alam akibat penambangan.

Melihat dampak yang ditimbulkan dari praktek pertambangan liar mereka. Para penambang bukannya bertanggung jawab atas perbuatannya, tetapi malah membiarkannya begitu saja dan terus menerus mengeksploitasi sumber daya alam tersebut tanpa memikirkan akibatnya. Saya khawatir melihat hal tersebut, bagaimana jadinya Negara Indonesia yang kita cintai ini jika hal tersebut terus terjadi. Mungkin akan terjadi kehancuran alam yang cukup serius.

Mari kita bersama-sama menggalakkan pertambangan yang aman dengan memperhatikan lahan pertambangan yang digunakan agar tidak menimbulkan kerusakan yang cukup besar dan senatiasa memikirkan efek dari pertambangan yang dilakukan. Jangan kita biarkan para penambang liar itu merusak bumi pertiwi kita.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada tutur kata serta kata yang sekiranya kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum WrWb

1 comment:

  1. pidato bertemakan kedisiplinan kelas ada gax eachh.??

    ReplyDelete